21/01/11

Mengenalkan Profesi Arsitek Kepada Masyarakat

oleh: Devi F. Yuliwardhani

Jakarta-Masihkah Anda bingung dengan peran arsitek? Tukang gambar, tukang bangunan atau Anda sama sekali tidak pernah terpikir untuk memakai jasa seorang arsitek? Masihkah profesi arsitek jauh dari jangkauan Anda?

Pada sebuah talkshow bertajuk “Architecture for People ” Her Pramtama Ketua IAI cabang Jakarta, dan Raul Renanda seorang arsitek, penulis, sekaligus pecinta fotografi berbincang mengenai peran arsitek di masyarakat.
“Arsitek adalah satu sosok yang dapat menyelesaikan masalah, baik itu dalam kaitannya dengan fungsi maupun keinginan untuk mencapai suatu bangunan yang layak dengan kenyamanan dan keselamatan bangunan,” kata Her Pramtama-ketua IAI cabang Jakarta saat talkshow. Ia menambahkan bahwa jangan hanya memandang arsitek sebagai tukang bangunan, tetapi sebagai seseorang yang mampu memecahkan masalah,”
Di sisi lain, Raul Renanda  menjelaskan mengenai fee seorang arsitek yang selama ini terkesan mahal. Menurutnya, hal itu relatif. Arsitek adalah pengambil keputusan, baik dari desain maupun biaya yang harus dikeluarkan pemilik rumah. Hemat atau borosnya biaya pembangunan tergantung dari seorang arsitek. Hanya dengan menarik satu garis saja bisa berarti banyak hal. Hal itu harus benar-benar dipikirkan baik secara fungsi maupun biaya. Apalagi untuk sebuah bangunan yang masa gunanya hampir seumur hidup. Ia mengungkapkan pentingnya seorang arsitek dengan sebuah gurauan ringan. Jika seorang dokter melakukan kesalahan mungkin korbannya hanya satu nyawa. Jika seorang arsitek melakukan kesalahan yang berakibat fatal pada bangunan, maka korbannya bisa jadi seisi bangunan tersebut.
Talkshow yang dihadiri anggota IAI Jakarta dan beberapa undangan lain adalah bagian dari rangkaian acara IAI Jakarta “Jelajah Arsitektur”. Diawali dengan pameran foto seribu wajah kepulauan seribu dan Jejak Karya Romomangun serta pameran foto karya Raul Renanda yang berlangsung di Jakarta,  12 -21 November 2010. Sebagai acara penutupnya adalah gowes+jepret yaitu acara yang mengkolaborasikan sepeda, fotografi, dan arsitektur. Rangkaian acara ini juga bertujuan untuk mendekatkan arsitektur, profesi arsitek, dan juga IAI kepada masyarakat.



sumber : http://www.ideaonline.co.id
 

2 komentar: